Latest Updates

Steganography [Lanjutan]

A.    Latar Belakang
Di seluruh dunia, internet (interconnection network) sudah berkembang menjadi salah satu media komunikasi data yang sangat populer. Kemudahan dalam penggunaan dan fasilitas yang lengkap merupakan keunggulan yang dimiliki oleh internet, dan bukan menjadi satu rahasia umum lagi di kalangan masyarakat pengguna internet pada saat sekarang ini. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya media internet dan aplikasi yang menggunakan internet semakin bertambah pula kejahatan dalam sistem informasi. Dengan berbagai teknik pengambilan informasi secara ilegal yang berkembang, banyak yang mencoba untuk mengakses informasi yang bukan haknya. Untuk itu, sejalan dengan berkembangnya media       internet yang     sangat cepat ini harus juga diikuti dengan perkembangan   pengamanan dalam sistem informasi yang berada dalam media internet tersebut.
           Berbagai macam teknik yang digunakan untuk melindungi informasi yang dirahasiakan dari orang yang tidak berhak telah banyak dilakukan dalam upaya mengamankan suatu data penting,salah satunya adalah Steganografi yang dapat menyembunyikan data rahasia. Teknik ini sering digunakan untuk menghindari kecurigaan orang dan menghindari keinginan orang untuk mengetahui isi pesan rahasia tersebut. Caranya dengan menyembunyikan informasi rahasia di dalam suatu wadah penampung dapat berbentuk berbagai jenis file multimedia digital seperti teks, citra, audio, video. Saat ini di dalam media internet dapat kita bayangkan lautan informasi yang dapat kita akses. Sebagian besar ada yang telah dilindungi oleh suatu teknik pengamanan informasi yang umum digunakan, salah satunya teknik pengamanan menggunakan kriptografi yang dimana masih kurang cukup mengamankan informasi yang berjalan di lalu lintas internet.
B.     Pengertian Steganography
Steganografi adalah suatu teknik untuk menyembunyikan informasi yang bersifat pribadi dengan sesuatu yang hasilnya akan tampak seperti informasi normal lainnya. Media yang digunakan umumnya merupakan suatu media yang berbeda dengan media pembawa informasi rahasia, dimana disinilah fungsi dari teknik steganography yaitu sebagai teknik penyamaran menggunakan media lain yang berbeda sehingga informasi rahasia dalam media awal tidak terlihat secara jelas
Steganography juga berbeda dengan cryptography yaitu terletak pada hasil keluarannya. Hasil dari cryptography biasanya berupa data yang memiliki bentuk yang sama dengan data aslinya dan biasanya datanya seolah-olah berantakan namun dapat dikembalikan ke data semula. Sedangkan hasil dari keluaran steganography memiliki bentuk yang berbeda dengan data aslinya, tentu saja persepsi ini oleh indra manusia, tetapi tidak oleh komputer atau pengolah data digital lainnya. Selain itu pada steganography keberadaan informasi yang disembunyikan tidak terlihat/diketahui dan terjadi penyampulan tulisan (covered writing).
Sedangkan pada cryptography informasi dikodekan dengan enkripsi atau teknik pengkodean dan informasi diketahui keberadaanya tetapi tidak dimengerti maksudnya. Namun secara umum steganography dan cryptography mempunyai tujuan yang sama yakni mengamankan data, bagaimana supaya data tidak dapat dibaca, dimengerti atau diketahui secara langsung. Steganography memanfaatkan kekurangan - kekurangan indra manusia seperti mata dan telinga. Dengan kekurangan inilah maka teknik ini dapat diterapkan dalam berbagai media digital. Media cover merupakan data digital yang akan ditempeli dengan data yang akan disembunyikan atau sering disebut dengan stego medium. Berbagai media yang dapat digunakan sebagai cover dari data atau informasi yang akan disembunyikan dengan berbagai teknik steganography. Media yang dimaksudkan adalah media dalam bentuk file digital dengan berbagai format, antara lain :Images (bmp, gif, jpeg, tif, dll), Audio (wav, Mp3, dll), Video, Teks

C.      Tujuan Steganography
Artikel ini membahas steganography dan menjelaskan tentang steganography sebagai salah satu cara cara dalam menjaga keamanan suatu informasi,yang bertujuan menambah pengetahuan dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua.
Tujuan yang hendak dicapai dalam tugas ini adalah :
• Memberikan informasi bagaimana teknik steganografi dapat diterapkan di  dalam file / media.
• Membuat aplikasi penyembunyian informasi ke dalam suatu media dengan memberikan satu alternative metode steganografi.
• Memanipulasi media yang didalamnya terdapat informasi rahasia sehingga pesan rahasia tersebut tidak dapat diketahui keberadaannya dan secara kasat mata tidak terjadi perubahan pada media hasil manipulasi.

D.    Manfaat Steganography
Steganography adalah sebuah pisau bermata dua, ia bisa digunakan untuk alasan-alasan yang baik, tetapi bisa juga digunakan sebagai sarana kejahatan. Steganography juga dapat digunakan sebagai salah satu metode watermarking pada image untuk proteksi hak cipta, seperti juga digital watermarking (fingerprinting). Steganography juga dapat digunakan sebagai pengganti hash. Dan yang terutama, seperti disebutkan sebelumnya, steganography dapat digunakan untuk menyembunyikan informasi rahasia, untuk melindunginya dari pencurian dan dari orang yang tidak berhak untuk mengetahuinya. Sayangnya, steganography juga dapat digunakan untuk mencuri data yang disembunyikan pada data lain sehingga dapat dikirim ke pihak lain, yang tidak berhak, tanpa ada yang curiga. Steganography juga dapat digunakan oleh para teroris untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lain.
E.     Metode Steganography
Kebanyakan algoritma steganografi menggunakan sebuah kombinasi dari bidang jenis teknik untuk melakukan sebuah tugas dalam penyelubungan pesan rahasia dalam sebuah selubung file. Menemukan kelebihan bits dalam selubung file yang dapat digunakan untuk menyelubungi pesan rahasia didalamnya, memilih beberapa diantaranya untuk digunakan dalam menyelubungi data dan penyelubungan data dalam bits dipilih sebelumnya. Ada empat jenis metode Steganografi, yaitu :

1. Least Significant Bit Insertion (LSB)
Metoda yang digunakan untuk menyembunyikan pesan pada media digital tersebut berbeda-beda. Contohnya pada file image pesan dapat disembunyikan dengan menggunakan cara menyisipkannya pada bit rendah atau bit yang paling kanan (LSB) pada data pixel yang menyusun file tersebut.
2. Algorithms and Transformation
            Algoritma compression adalah metode steganografi dengan menyembunyikan data dalam fungsi matematika. Dua fungsi tersebut adalah Discrete Cosine Transformation (DCT) dan Wavelet Transformation. Fungsi DCT dan Wavelet yaitu mentransformasi data dari satu tempat (domain) ke tempat (domain) yang lain. Fungsi DCT yaitu mentransformasi data dari tempat spatial (spatial domain) ke tempat frekuensi (frequency domain).
3. Redundant Pattern Encoding
            Redundant Pattern Encoding adalah menggambar pesan kecil pada kebanyakan gambar. Keuntungan dari metode ini adalah dapat bertahan dari cropping (kegagalan), kerugiannya yaitu tidak dapat menggambar pesan yang lebih besar.
4. Spread Spectrum method
            Spread Spectrum steganografi terpencar-pencar sebagai pesan yang diacak (encrypt) melalui gambar (tidak seperti dalam LSB). Untuk membaca suatu pesan, penerima memerlukan algoritma yaitu crypto-key dan stego-key. Metode ini juga masih mudah diserang yaitu penghancuran atau pengrusakan dari kompresi dan proses image (gambar)


F. Terminologi dalam Steganografi
Terdapat beberapa istilah yang berkaitan dengan steganografi.
·         Hiddentext atau embedded message: pesan atau informasi yang disembunyikan.
·         Covertext atau cover-object: pesan yang digunakan untuk menyembunyikan embedded message.
·         Stegotext atau stego-object: pesan yang sudah berisi embedded message. Dalam steganografi digital, baik hiddentex atau covertext dapat berupa teks, audio, gambar, maupun video.

G.    Kriteria Yang Harus Dipenuhi.
1). Impercepbility. Keberadaan pesan tidak dapat dipersepsi oleh indrawi.Jika pesan disisipkan ke dalam sebuah citra, citra yang telah disisipi pesan harus tidak dapat dibedakan dengan citra asli oleh mata.Begitu pula dengan suara, telinga haruslah mendapati perbedaan antara suara asli dan suara yang telah disisipi pesan.
2). Fidelity. Mutu media penampung tidak berubah banyak akibat penyisipan.Perubahan yang terjadi harus tidak dapat dipersepsi oleh indrawi.
3). Recovery. Pesan yang disembunyikan harus dapat diungkap kembali. Tujuan steganografi adalah menyembunyikan informasi, maka sewaktu-waktu informasi yang disembunyikan ini harus dapat diambil kembali untuk dapat digunakan lebih lanjut sesuai keperluan
Beberapa istilah yang sering digunakan dalam teknik steganografi:
·         Carrier file : file yang berisi pesan rahasia tersebut
·           Steganalysis : proses untuk mendeteksi keberadaanpesan rahasia dalam suatu file


H.    Contoh dan Cara Penggunaan Aplikasi Steganography
Contoh aplikasi steganografi yang kita gunakan pada contoh kali ini adalah Steghide. Aplikasi ini kita gunakan melalui Command Prompt (CMD). Setelah mendownload aplikasi steghide, langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Steghide adalah sebagai berikut:

1        Ekstrak file steghide-0.5.1-win32.zip. Pada tutorial ini sayang mengekstrak file tersebut di "local disk C:" saja. Tujuannya agar mudah ketika mengaksesnya, karena kita mengakses aplikasi ini dari Command Prompt (CMD).

2       Buka CMD, dengan cara tekan tombol Windows + R, kemudian ketikkan CMD dan tekan enter.
       3    Setelah CMD muncul, kemudian masuk ke drive "C:\", dengan cara ketikkan perintah        "cd..". Ulangi perintah tersebut sampai tampilannya menjadi "C:\". Masuk ke folder steghide-0.5.1-win32, dengan cara ketikkan perintah "cd steghide-0.5.1-win32". Kemudian ketikkan lagi "cd steghide" untuk masuk ke folder steghide.
Gambar 3. Masuk ke folder steghide
4        Tentukan file yang akan kita olah, misal nya kita akan menyembunyikan sebuah file .txt kedalam file .jpg. Tentukan lokasi file tersebut terlebih dahulu. Pada tutorial ini, saya meletakkan file .txt dan .jpg nya di drive "D:\" dengan nama masing-masing file gambar.jpg dan pesan.txt. Kemudian ketikkan perintah berikut :
steghide embed -cf d:\gambar.jpg -ef d:\pesan.txt
Enter passphrase: (Masukkan password)
Re-Enter passphrase: (Masukkan password lagi)
embedding "d:\pesan.txt" in "d:\gambar.jpg"... done
Perintah ini akan melekatkan file pesan.txt kedalam file penampungnya yaitu file gambar.jpg.
5        Setelah melekatkan data rahasia anda seperti yang telah dilakukan diatas, anda bisa mengirim file gambar.jpg ke orang yang berhak menerimanya. Pada tutorial ini saya mengekstrak file stego pada komputer yang sama, namu dalam lokasi pentimpanan yang berbeda. Penerima harus menggunakan steghide dengan cara berikut :
steghide extract -sf d:\makalah\gambar.jpg
Enter passphrase:
wrote extracted data to "pesan.txt"
6        Jika password yang dimasukkan benar, makan isi dari file asli pesan.txt akan di ekstrak dari file stego gambar.jpg dan disimpan pada direktori dimana file gambar.jpg tersebut disimpan.
Jika anda menerima sebuah file yang berisi data yang dilekatkan, dan anda ingin mendapatkan beberapa informasi tentang file tersebut sebelum mengekstraknya, gunakan perintah berikut:
steghide info d:\makalah\gambar.jpg
"gambar.jpg":
format: jpeg
capacity: 4.9 KB
Try to get information about embedded data ? (y/n) y
Enter passphrase:
embedded file "pesan.txt":
size: 109.0 Byte
encrypted: rijndael-128, cbc
compressed: yes

Demikianlah tutorial penggunaan salah satu contoh aplikasi steganografi, Steghide.
I.       Kesimpulan
Steganografi merupakan ilmu dan seni yang mempelajari cara  penyembunyian informasi pada suatu media sedemikian rupa sehingga keberadaannya tidak terdeteksi oleh pihak lain yang tidak berhak atas informasi tersebut. Tujuan dari steganografi adalah merahasiakan atau menyembunyikan keberadaan dari sebuah pesan tersembunyi atau sebuah informasi.
Steganography adalah cara yang menarik dan efektif dalam menyembunyikan pesan rahasia dan telah digunakan selama berabad-abad. Metode-metode untuk “memperlihatkan” pesan yang disembunyikan ( disebut steganalysis ) sudah cukup banyak, tetapi yang sulit adalah menyadari digunakannya steganography itu dan kunci yang diperlukan untuk ”membuka” pesan yang ada. Teknologi yang digunakan sederhana tetapi pelacakannya cukup sulit. Karenanya, steganography masih digunakan dalam menjaga keamanan suatu informasi dan diterapkan dalam banyak hal-hal sampai sekarang.











Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Steganografi diunduh  10 Januari 2016
http://fabendryalfaldi.blogspot.co.id/2015/04/contoh-dan-cara-cara-menggunakan.html diunduh 10 Januari 2016
http://www.academia.edu/6977142/Steganografi diunduh 10 januari 2016
https://d34info.wordpress.com/64/ diunduh 10 januari 2016
http://lightsuse.blogspot.co.id/2014/08/share-sedikit-tentang-steganography.html diunduh 10 januari 2016



0 Response to "Steganography [Lanjutan]"

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment